NEWS

Memeriksa Ekspor Gas Yang Tidak Terlihat Wujudnya

Indonesia kaya akan hasil bumi, kekayaan yang ada sejak dulu ini ternyata persediaannya masih cukup hingga beberapa puluh tahun kedepan baik untuk kebutuhan dalam negeri, maupun kebutuhan luar negeri.

Posted: 16 Feb 2017

Indonesia kaya akan hasil bumi, kekayaan yang ada sejak dulu ini ternyata persediaannya masih cukup hingga beberapa puluh tahun kedepan baik untuk kebutuhan dalam negeri, maupun kebutuhan luar negeri. Kandungan minyak, gas, batu bara, hingga emas yang ada di dalam bumi nusantara ini seakan tidak ada habis-habisnya, walaupun disatu sisi daerah yang satu sudah berkurang produksinya, namun temuan baru untuk kandungan hasil bumi masih terus ditemukan hingga mencukupi cadangan puluhan tahun kedepan.

Produksi gas sendiri sampai saat ini hanya ada di tiga wilayah saja, yaitu Bontang Kalimantan Timur, Papua, dan Blok Masela. Dari ketiga lokasi ini, hanya Bontang yang memiliki kandungan gas terbesar dan produksinya sudah berjalan selama 40 tahun. Bahkan untuk tahun selanjutnya sudah ditemukan cadangan gas baru yang diperkirakan produksinya masih akan terus berlanjut hingga tahun 2050 nanti.

Untuk melakukan pengawasan sekaligus pelayanan dalam kegiatan pertambangan gas ini, dibutuhkan beberapa instansi pemerintah yang saling bersinergi agar pelayanan ekspor impor dapat berjalan cepat karena komoditas ini sifatnya mudah rusak sehingga membutuhkan kecepatan agar tidak menimbulkan efek negatif.

Selain itu, pengawasan pada komoditas ini juga harus cermat dan tepat sehingga apa yang disampaikan untuk dijual keluar sudah sesuai dengan jumlah yang dibawanya. Dengan kata lain, pemerintah harus mengawasi jumlah yang di ekspor harus sesuai dengan dokumen dan kuota yang telah ditentukan.

Sumber Berita: http://repository.beacukai.go.id/download/2017/01/9c906e449fb18d61ff9fa0d83d6fea6b-soft-copywbc-des_(19-1-17).pdf

ENQUIRY FORM